Monday, June 7

Penipuan Atas Nama Shopee

Hati-hati penipuan atas nama Shopee.
Kejadian pada tanggal 6 Juni 2021 sekitar habis maghrib aku di telpon melalui wa atas nama shopee dengan nomor +1 (520) 335 - 9772

Awalnya aku di klaim sebagai salah satu pemenang pengguna shopee yang beruntung karena mendapatkan gratis ongkir selama sebulan, lalu aku diarahkan oknum sebut saja (jadah) untuk mengisi form data diri lewat link yang dikirimnya melalui chat wa, sambil mengisi form si jadah bertanya sudah berapa lama menggunakan shopee? metode pembayaran apa yang biasa digunakan? Belanja apa saja di Shopee?
Awalnya aku bingung kenapa nanyak? kan rekam jejaknya ada, tapi tetap aku jawab mungkin cuma basa-basi. (masih postif thinking dan positif kebodohan)
Nah waktu aku ngejawab menggunakan metode pembayaran, ShopeePay/Spaylater, si jadah kembali meng klaim lagi kalau aku menjadi salah satu pemenang dari ShopeePay yang mendapatkan total cashback 2000.000 yang bisa langsung dicairkan melalui rekening ataupun saldo ShopeePay.

Makin hilang lah kesadaranku dengan cash yang disebutkan jadah. Dalam hati kan lumayan 2 jetong cuma-cuma kapan lagi coba. 
Bodohnya aku belum curiga sama sekali, karena bahasa penyampaiannya sangat rapi, dan aku percaya memang aku sebagai pemenang karena pas ketepatan di tanggal 6/6 yang biasanya Shopee selalu mengadakan event-event berhadiah tiap bulannya.
Jadah bertanya lagi apakah aku sudah aktivasi Spinjam? Aku bilang belum
Jadah kembali mengarahkan aku untuk aktivasi Spinjam sebagai rangkaian prosedur untuk pencairan. 
Masih dalam ke T O L O L an akupun meng iyakan lagi dengan dibantunya aku diarahkan untuk aktivasi seperti verifikasi ktp, memasukkan no rekening, dll (aku menggunakan BNIVA)
Alhamdulillah proses aktivasi Spinjam yang aku ajukan tertunda sampai tanggal 10 Juni 2021. Aku masih gak ngerti prosedur Spinjam itu seperti apa, berulang kali aku bertanya ini bukan aku yang pinjam kan mas?
Eh si jadah bilang "engga mbak, ini cuma bagian dari prosedur pencairan, tenang aja aman"
memang gula kali mulut si jadah ni.

Setelah aktivasi Spinjam tertunda, jadah ngirim link lagi nyuruh aku memasukkan kode ShopeePay untuk pencairan melalui ShopeePay.
Jadah bilang "masukkan kode Shopeepay mbak ke form tanpa disebutkan
Baru nyadar sekarang ya iyalah jadah gak ku sebutkan pun kau tau sendiri dari link yang dibagikannya.
Karena Spinjam ku tidak bisa diajukan, jadah menyarankan untuk TopUp ShopeePay lewat atm sebesar 200.000. Aku si longor bertanya "untuk apa mas? saldo ku masih ada sekitar 130 ribuan lagi untuk apa aku ngisi lagi?
"Iya mbak harus mengikuti ketentuan dari shopee, uang yang mbak dapat akan dikenakan biaya admin 10.000, mbak harus transfer dana dari rekening mbak 200.000 untuk pancingan cashback 2 juta nya ke akun shopeePay mbak"
Disini aku masih gak masuk akal apanya yang dipancing?
Tapi emang dasar tolil yaudah ho' oh aja lagi, aku bilang "aku gak punya atm, aku TopUp shopeepay biasanya dari alfamart"
memang dasar jadah lagi-lagi aku manut apa yang dia bilang, untuk pakai atm keluarga secepatnya kalau mau diproses karena waktunya terbatas. 
Singkat cerita aku isi saldo shopePay ku dari atm sepupu 200.000 masih dengan mengikuti tutorial dari si jadah.
Aku cek ShopeePay ku kenapa jadi 0 rupiah?
terus riwayat transaksi kenapa udah di transfer ke no yang gak di kenal. Mati lah langsung sadar kenak tipuuuu. Cek lagi atm nya tidak ada  penambahan saldo 2000.000
Total 334.666 yang diambil jadah jahannam.


Sampai rumah aku ingat-ingat lagi apa yang udah dia suruh, aku teringat dengan Spinjam yang mau di ajukan. Total Saldo Spinjam masih 1.500.000 tapi tidak bisa diproses syukurnya, mungkin karena aktivasi lewat ktp atau rekening virtual account nya bermasalah.

Tapi aku masih wanti-wanti nanti tanggal 10 jangan-jangan langsung terkuras udah keburu jadah ambil. 
Aku langsung ganti no hp, pin ShopeePay, dan password akun. Aku menghubungi pihak Shopee untuk mengajukan pembekuan akun, dan alhamdulillah sudah ditanggapi. Bersyukur gak jadi ubanan dini dah.

Pelajaran buat aku dan semuanya untuk jangan gampang percaya sama nomor yang gak dikenal mau pake nomor prabayar kek apapun itu jangan mau dikibulin, sekarang semuanya serba sulit jadi orang-orang akal sehatnya udah rusak demi dapetin uang dengan segala cara. 
Penipuan yang aku alami termasuk cyber crime karena data ku sudah diretas dan dia memanipulasi akun ku karena kode OTP yang aku kirim.
Paling penting jangan males BACA.! 
Udah jelas Shopee ngingetin jangan kasi ke siapapun kode OTP termasuk Shopee dengan tulisan Capslock.
Ehh si betuah malah ngasi dengan mudahnya ke jadah. 
Link yang jadah bagikan juga link survey pengisian form biasa bukan dari link resmi Shopee. Sadarnya udah kejadian dahlah jadi pelajaran, dan bersyukur nasipku gak separah yang lain. Ada yang berhasil mengambil Spinjam senilai 11 juta, dah jadi membayarlah si korban tiap bulannya selama setahun ditambah bunganya. Apa gak meninggal kalau sempat aku yang kenak.

https://mobile.twitter.com/stzlfhsy


Hati-hati semuanya kalau ada tanda-tanda seperti yang udah aku alami mending cepat-cepat matikan, jangan mudah tergiur dengan kata-kata manisnya malah ngomongnya sok baku lagi, pake ngasih selamat. Emang mau nikahan di selametin. Gitu aja sharingnya, semoga kedepannya bisa lebih berhati-hati.


2 comments:

  1. Engko ni la percaya x, lain x usah percaya x bantuan,undian atau apa lah kalau gak kita sndri yg cari uang

    ReplyDelete