Thursday, June 24

Ekstrovert Depresi

Anak ikan (Pisces) biasanya lebih sensitif dan emosional, kadang moody gak karuan, Karakter dan sifat Pisces yang terlihat jelas itu santai, ramah, dan punya rasa simpati yang besar pada sesama. Selain itu, Pisces juga memiliki intuisi yang tajam, daya imajinasi yang tinggi, serta berbakat dalam seni. Namun, cenderung mudah pesimis, suka khawatir berlebihan, dan agak pemalas.
Pisces susah ditebak dan karena sifatnya yang sensitif, maka kaum ikan ini cocok bersanding dengan Cancer, Taurus, dan Capricorn.
"katanya sih gitu"
 
Zodiak emang kadang bisa benar dan salah tapi jangan sampai jadi patokan nasip keberuntungan dan kesialan dalam keseharian hidup atau masa depan kita (Nope) sama kayak ilmu ramal yang gak bisa dipertanggung jawabkan keakuratannya. Just for fun aja.. Jangan sampai syirik.

Tapi ada satu test kepribadian yang bersandar pada teori psikologi untuk mengetahui kepribadian seseorang namanya MBTI. Mungkin udah banyak yang tau, test MBTI (Myer-Briggs Type Indicator) adalah sebuah uji yang pertama kali diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers pada tahun 1942.
Tujuannya adalah agar semua orang dapat memahami dirinya, memudahkan untuk menentukan jurusan kuliah dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengannya. 

Selama ini, banyak orang beranggap bahwa hanya ada dua kepribadian di dunia ini, yaitu introvert dan ekstrovert.
Melalui tes MBTI, kita bisa mengetahui bahwa kepribadian ada lebih banyak dari itu. 
Tes MBTI membagi kepribadian seseorang berdasarkan beberapa dikotomi kategori, yaitu 
Introversion (I) vs Extraversion (E)
Intuitive (N) vs Sensory (S)
Thinking (T) vs Feeling (F), dan 
Judging (J) vs Perceiving (P).

Setelah mengikuti test MBTI sebanyak 3 kali dengan hasil yang sama ternyata aku termasuk golongan kaum INFP. 
INFP ini termasuk spesies langka katanya. Pantes aja kadang ngerasa udah kayak alien sangking anehnya.


Ada 2 fakta INFP yang sering aku rasain :

-Kompleks
Idealis, skeptis (melihat banyak kemungkinan terhadap sesuatu), punya prinsip, paling gak suka orang lain meremehkan prinsipnya. Punya banyak pilihan dan kemungkinan yang akhirnya takut salah membuat keputusan. Sering terjebak dengan pikiran yang mendalam, nyantai diluar overthinking didalam. Emotional gampang mewek, Saddest people, bawaannya depressed mulu kalau kata sampipel (orang-orang) kayak orang kurang bersyukur. Padahal emang terlalu kompleks aja dijelasin ama tu makhluk.

-Kontradiktif
Beban gak enakan sama orang. Susah nolak dan bilang tidak. Kadang kalu udah baik, ngikut, nurut sama orang sampai sikapku sering disalah artikan dan kadang ngerasa di "manfaatin" tapi sering melihat orang lain dari sisi baiknya, karena aku percaya orang lain berbuat buruk pasti ada sebab, gak percaya 100% manusia itu penjahat. 
Kadang gak suka diperhatikan tapi kadang sebaliknya. Kadang pendiam kadang rame.
Bisa kekanakan-kanakan ngomongin receh, absurd tapi kadang bisa bijak sampe deep talk bahas nikmat Tuhan, alam semesta sampai teori Darwin dan flat earth pun hayuk. LOL.
Banyak kontradiksi yang dimiliki kaum INFP yang bikin dia sulit dimengerti orang lain bahkan dirinya sendiri pun gak paham.

Test MBTI ini tidak 100% valid/reliable tapi bisa jadi acuan untuk mengetahui kepribadian kita. 
Kepribadian datang dari genetik dan lingkungan, kepribadian juga kompleks banyak yang mempengaruhi. 
Kepribadian bisa berubah-ubah apalagi setelah mengalami QLC (Quarter Life Crisis)
Sempat aku baca di forum Reddit  banyak yang mengatakan "INFP itu sebenarnya ENFP yang lagi depressed aja, soalnya setelah mereka gak depressed mereka akan balik ke ENFP".
Tapi aku ngerasa emang lagi proses pendewasaan aja makanya lebih introvert kalau dulu kan masa remaja lebih fun makanya jiwa ekstrovertnya lebih dominan dulu.
Gak tau deh beberapa bulan atau tahun kedepan coba tes ulang masuk golongan mana lagi?

Situs Test MBTI yang aku gunakan :



Reference :


2 comments: