Saturday, April 11

Review Serius My Mister


Drakor My Mister atau My Ahjussi, seminggu ini beneran sukses bikin aku jadi cengeng.
Drama tahun 2018 yang telat 2 tahun untuk dihebohin. 

___Untuk pertama kalinya liat acting IU di Drama. Dan peran Lee Ji An cucook gonggong dibawain dengan keren sama IU. 
Ahjussi ini juga ternyata yang main di Film Parasite sebagai majikan. Peran Ahjussi di My Mister ini sah-sah aja dipasangin sama IU.___


Sebenarnya udah nyimpen 2 tahun yang lalu karena banyak yang bilang bagus, tapi awal-awal males aja mau nonton karena pemeran cowoknya ya pastinya udah Ahjussi yang umurnya jauuuh beda dari si cewek.
Dan drakornya juga terlalu dark buat ditonton pada saat skripsian yg ada makin stress. Skip dulu deh karena banyak tontonan yang lebih bagus dan menghibur pada saat itu.

Mulailah beberapa hari lalu dengan hashtag #dirumahaja dan stok tontonan udah mulai habis, dan salah satu yang belum ditonton itu adalah si drakor daebak... My Mister. 

Berkat Corona aku nonton ini. Tetap ada hikmahnya. ☺️

Drama ini emang diluar ekpekstasi aku yang bakal ngira ini adalah drama romance cinta-cintaan antara om-om dengan wanita muda 20 tahunan. Big No!
Nyatanya ini drama tentang kehidupan yang relate dengan sekeliling kita. Dan emang dasarnya aku suka dengan genre yang slice of life gini makanya ini cocok buatku. Bukan romance, crime, fantasy, apalagi horror.

Yang bikin jatuh cinta sama drama ini di episode awal tentunya dengan karakter Lee Ji An yang kuat dengan segala macam beban hidupnya yang ngebuat dia jadi pendiam dan ngebatu. Awal episod bisa dihitung berapa kali dia bicara. Gak suka basa basi, hidupnya cuma kerja, kerja dan kerja. Ditinggal mati ibunya yang ngewarisin hutang piutang sampai akhirnya Lee Ji An banting tulang buat ngelunasin dan berurusan dengan rentenir kejam. Belum lagi ngurusin neneknya yang Tunarungu. Saking beratnya masalah hidup Lee Ji An gak ada waktu buat mikirin penampilannya. Selalu dengan gaya rambut kusut dan pakaian yang berantakan.
(tapi tetap aja cantik eonni... Beda kali samaku yang dengan segala kondisi tetap aja buluq) 🤣

Gak ada takutnya juga sama siapapun termasuk senior di kantornya, salah satu scene yang aku ingat itu waktu seniornya minta tolong ambilin kertas di laci, dan si Lee Ji An dengan santuynya buka laci pake kaki. 
Dalam hatinya (nah lah ko ambil sendiri).
Beneran gak ada akhlaknya. Tapi ku sukaa!


Karakter yang bikin jatuh cinta lagi tentunya sosok Ahjussi Park Dong Hoon yang baik hati nan penyabar dan sayang keluarga. Paket lengkap deh pokoknya.
Gak cuma peduli dengan dirinya dan keluarganya tapi karyawan kontrak seperti Lee Ji An yang paling mencuri perhatian Ahjussi dengan latar belakang kehidupan Lee Ji An yang misterius.
Ahjussi ini juga tipikal hampir mirip kayak Lee Ji An yang bicara seadanya. Istri Ahjussi malah sering dikacangin kalau ngobrol sama Ahjussi. Karena emang pendiam. 
Ahjussi ini tipikal orang yang gak mau cari ribut dan memperbesar masalah. Orang-orang gak perlu tau masalahnya apalagi aibnya.! 
Ahjussi lebih baik memendam dan dirasakannya sendiri.
Ahjussi ini juga tipe suami idaman banget.
Kalau pulang kantor selalu telpon istrinya dan tanya "mau dibeliin apa?" Hal-hal kecil yang bikin Lee Ji An iri sama istri Ahjussi. Tapi istri Ahjussi gak bersyukur malah selingkuh sama saingan Ahjussi si CEO songong di Perusahaan Ahjussi.
Aku suka semua gaya Ahjussi. Dari cara dia ngomong, suaranya yang Manly kaya iklan Hex*s.  Tatapannya, bahkan cara dia jalan aja aku sukaa. Jalan dengan ekperesi tenang, tangannya dimasukin ke kantong, kepalanya dimiringin dikit. Sampe sedetail itu aku nilanya ya Tuhaan..

_______________________
Awal kedekatan Lee Ji An dan Ahjussi itu saat Lee Ji An mendapat kesempatan untuk membayar hutang-hutang ibunya dengan cara memeras sang CEO yang ketahuan memacari istrinya Ahjussi. 
Gimana caranya bisa ketahuan, tonton sendiri ya biar lebih seru.. 
Tapi Lee Ji An malah bernegosiasi dengan CEO untuk mengeluarkan Ahjussi dari perusahaan agar CEO bisa menikahi istri Ahjussi. Lee Ji An menyadap Ponsel Ahjussi untuk mengetahui keseharian Ahjussi. 
Lee Ji An yang awalnya cuma mencari kesempatan malah jadi semakin dekat dengan Ahjussi yang kepribadiannya membuat Lee Ji An kagum dan akhirnya berpihak sama Ahjussi dan menghianati CEO songong.
_______________________

Beberapa scene yang mengandung bawang..

Pertama, tentunya scene penyiksaan Lee Ji An dengan rentenir gesrek Kwang Il. 
Sebenarnya doi baik dulu jadi sahabatnya Lee Ji An yang juga ternyata suka sama Lee Ji An, selalu ngebela Lee Ji An kalau lagi disiksa ayahnya. Ayah Kwang Il rentenir yang kejam dan tega ngelakuin apa aja termasuk nyiksa nenek Lee Ji An yang cacat. 
Lee Ji An ngelindungin neneknya yang lagi disiksa ayahnya Kwang Il, spontan Lee Ji An langsung ngebunuh ayah Kwang Il. Dari situlah hubungan Kwang Il dan Lee Ji An mulai berubah. Dia berubah jadi kasar, dan nyiksa Lee Ji An tanpa ampun. 
Scene penyiksaan Kwang Il beneran bikin nangis. Gak sanggup aja ngebayangin perempuan dipukulin babak belur sementara dia gak punya siapa-siapa buat tempat ngadu.
Parah ni laki.. Bikin emosi sumpah!
Sediiihh.. puk puk eonii..😓

Kedua, di scene ketika Ahjussi tau kalau Lee Ji An seorang pembunuh dan tetap membelanya.
Ahjussi bilang ke Kwang Il "aku juga kalau jadi dia bakal membunuh ayahmu.! Siapapun bakal ku bunuh kalau ada yang menyakiti keluargaku". Deep.!
Lee Ji An langsung nangis. Untuk pertama kalinya ada yang membelanya dan membenarkan perbuatannya.

Scene ketiga, saat Ahjussi akhirnya tau kalau Ahjumma (istrinya) selingkuh tapi Ahjussi tetap memendamnya. Scene ini lebih ke emosi sebenarnya sama si Ahjumma dan salut dengan kesabaran Ahjussi yang engga langsung diluapkan ketika tau kalau istrinya selingkuh. 
Yang bikin sakitnya itu selingkuh sama CEO di tempat kerjanya Ahjussi dan juga junior kuliahnya dulu. 
Parah emang Ahjumma, aku sampe maki dalam hati.!
Hebatnya Ahjussi tahan emosinya dan memilih biarin istrinya ngaku duluan. 
Ahjussi kalau ada masalah selalu bilang kedirinya "ini bukan masalah besar, bukan masalah besar selagi orang-orang gak tau" makanya dia pendam sendiri.
Ini pertama kali si Ahjussi tau dan ekspresinya udah kayak orang gila tapi tetap sanggup nahan emosinya. Ehh si Ahjumma malah dengan santuynya masih bekabar sama CEO songong disebelah lakinya. 
Haiiissshh.. Gak bersyukur nih Ahjumma..

Scene keempat, yang bikin meledak itu saat Ahjumma tau kalau Ahjussi udah tau duluan dan Ahjumma ngerasa hina banget dan Ahjumma mulai ngaku. Padahal sebelumnya Ahjumma mulai mau buka suara tentang perselingkuhannya tapi tetap aja Ahjussi kayak mengalihkan pembicaraan lain supaya Ahjumma jangan bahas itu lagi. 
Karena kalau udah dibahas Ahjussi gak tau harus apa. 
Ahjumma ngerasa gak tenang dan akhirnya harus ngaku bersalah dan minta maaf duluan.
Nangis tumpah disini liat Ahjussi marah dan akhirnya luapin emosinya dengan nonjokin pintu sampe jebol. 
Semarah-marahnya Ahjussi tapi disisi lain aku masih memaklumi alasan Ahjumma yang selingkuh. 
Ahjumma merasa kesepian dengan Ahjussi yang sering minum-minum diluar dengan saudara dan sahabat-sahabatnya, Ahjumma cemburu kenapa Ahjussi lebih dekat dengan keluarganya dibandingin keluarga kecilnya sendiri. Ahjussi tega makan dan kumpul dengan keluarganya tanpa ngajak Ahjumma. (Yaa mungkin Ahjussi mikir Ahjumma sibuk sebagai pengacara jadi gak ada waktu)
Tapi tetap aja Ahjussi ada salahnya yang menurutku kalau udah menikah ya fokus utamanya dikeluarga barunya dulu, orangtua dan saudara itu penting tapi seharusnya Ahjussi lebih mengutamakan keluarga kecilnya dulu. Gitu sih menurut bocah..
Tentunya kesalahan besar tetap di Ahjumma laah. Mau apapun alasannya, perselingkuhan bukan obatnya. 

Scene kelima, saat Ahjussi tau kalau HP nya disadap dan Ahjussi gak marah, lagi dan lagi Ahjussi tetap ngebela Lee Ji An.
Ahjussi akan lindungin Lee Ji An, jadi jangan takut untuk ke kantor polisi untuk ngaku kalau dalangnya semua si CEO songong.
Padahal Lee Ji An udah nguping Ahjussi selama ini dan mendapat keuntungan juga dari CEO. Tapi Ahjussi tetap aja baik, karena Ahjussi juga yakin kalau Lee Ji An anak yang baik.
Oh Ahjussi hatinya emang selembut kapas..

Scene terakhir, momen ketika nenek Lee Ji An meninggal. Scene ini jadi reminder buatku, kalau kebahagiaan bukan hanya untuk diri sendiri. Saat membantu orang yang membutuhkan itu juga kebahagiaan bagi kita karena kita merasa bermanfaat untuk orang itu. 
Saat nenek Lee Ji An meninggal Hyungnya (Abangnya) Ahjussi bantuin semua persiapan upacara pemakaman neneknya Lee Ji An. Hyung Ahjussi kasian dengan kehidupan Lee Ji An yang sebatang kara gak punya siapa-siapa. Apalagi karangan bunga. Hyungnya Ahjussi yang ngurusin semuanya. Bawain semua temen-temennya buat ngelayat. 
Padahal Hyungnya Ahjussi ini ngumpulin uangnya dari kerja pelayanan kebersihan yang recananya tabungannya untuk poya-poya sama adiknya buat nikmatin hidup sebentar. Dia lebih milih ngabisin semua tabungannya untuk pemakaman neneknya Lee Ji An. 
Hyungnya Ahjussi merasa lebih bahagia setelah nolongin Lee Ji An karena selama hidupnya dia akhirnya bisa bermanfaat untuk orang lain.
 ____________

Masih banyak scene yang mengandung bawang di drama ini yang tidak bisa dijelaskan satu persatu semua.
Yang jelas drama ini penuh pembelajaran yang luar biasa daebaknya.! 

Jadi, ending hubungan Ahjussi dan Lee Ji An seperti apa?
Yaa hubungan mereka hanya sebatas perasaan kasihan dan saling peduli sebagai manusia sesama. Tidak ada cinta tapi diakhiri manis dengan kesuksesan Ahjussi yang akhirnya mendirikan perusahaan sendiri dan Lee Ji An punya kerjaan tetap dan bergaul sama teman-teman sebayanya.

Aku termasuk jarang nangis kalau nonton drakor. Sebelumnya aku nonton drama Sky Castle dan itu buat aku nangis tapi aku gak buat reviewnya.
My mister bikin nangis dan sampe dibuatin review itu artinya sangat luar biasa bagus daebaknya bagiku. 
Pesannya sampe, pelajarannya mahal. 
Bahwa masih banyak orang yang baik diluaran sana, jadi jangan pernah merasa sendiri dan paling gak bahagia. Percayalah masih banyak orang baik, percayalah! Kalau tidak kau temukan maka jadilah orang baik itu.

********
9,7/10



0 komentar:

Post a Comment