Friday, October 27

Pengingat Diri

Kenapa waktu terasa begitu cepat dan hidup gitu-gitu aja??
Perasaan baru hari senin kok udah senin lagi yaa?
Ehh baru sadar bentar lagi tahun baru, kayaknya baru kemaren makan Mie Ayam Pangsit sore akhir tahun.
Masuk tahun baru, ehhh gak lama bentar lagi puasa. Perasaan kue lebaran masih nyangkut di leher.

Yaaass... Kali ini emang bener-bener random thought!

Aku pernah baca artikel tentang kenapa semakin bertambahnya usia manusia merasa waktu begitu cepat berlalu?

Ternyata itu hal yang normal. Bahkan ketika umur memasuki 20 tahun keatas, manusia yang hidup dengan siklus aktifitas yang berulang merasakan kecepatan waktu lebih cepat.
Seperti kebiasaan rutinitas kita sehari-hari.
Dimulai bangun tidur, kuliah/kerja, bertemu dengan orang-orang yang sama, melewati jalan yang sama. Kejadian perulangan seperti ini membuat waktu "terasa" lebih cepat.

Sangat berbeda dengan anak kecil yang merasakan waktu berjalan lebih lama karena banyak hal yang bisa mereka pelajari, otak memproses ilmu akan membuat waktu berjalan lebih lama.
Bagi anak-anak, dunia ini dipenuhi hal-hal yang tidak biasa, dan berisi pengalaman baru yang menunggu untuk mereka pelajari. Ini berarti bahwa anak-anak harus mendedikasikan kekuatan otaknya untuk memproses informasi dari dunia luar yang begitu luas.

Ternyata hal tersebutlah yang mendukung hipotesis bahwa waktu akhirnya terasa berjalan lebih lambat untuk anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa yang terjebak pada rutinitas.

****
Ada yang bilang pergantian tahun baru seperti kedipan mata.
Banyak waktu yang kita buang sia-sia dan gak terasa umur semakin bertambah tanpa ada progress dalam hidup. Miris?? Sangat teramat miris.

Masih banyak planning yang belum tercekliskan.
Sadar gak sadar kita terlalu santai dan lalai dalam hidup ini, tanpa sadar dengan kejamnya waktu yang terus berputar tanpa menunggu.

Jadi mari sibukkanlah diri kita dengan hal yang baik, karena waktu akan melayang begitu saja dan tidak bisa kembali, baik itu kamu menjalaninya dengan senang ataupun tidak. Ingat bahwa waktu hilang dengan lebih cepat dan semakin lebih cepat dari hari ke hari.

No comments:

Post a Comment